°°°𝗥𝗲𝘃𝗶𝗲𝘄°°° °𝗙𝗶𝗹𝗺 𝗣𝘀𝗶𝗸𝗼𝗹𝗼𝗴𝗶° °𝗥𝗲𝘃𝗶𝗲𝘄°𝗕𝘂𝗸𝘂 𝗡𝗼𝘃𝗲𝗹° °𝗦𝗶𝗻𝗼𝗽𝘀𝗶𝘀°𝗙𝗶𝗹𝗺 𝗛𝗼𝗿𝗼𝗿,𝗱𝗹𝗹° °𝗦𝗶𝗻𝗼𝗽𝘀𝗶𝘀°𝗗𝗿𝗮𝗺𝗮 𝗖𝗵𝗶𝗻𝗮➡️𝗞𝗼𝗿𝗲𝗮➡️𝗧𝗵𝗮𝗶𝗹𝗮𝗻𝗱° °°°𝗞𝗹𝗶𝗸 𝗹𝗶𝗻𝗸 𝗱𝗶𝗯𝗮𝘄𝗮𝗵 𝗶𝗻𝗶°°°

Responsive Advertisement

°°°

°°°
Powered By Blogger

March 23, 2023

Memento



2001


 



Christopher Nolan Sebagai Sutradara





Jennifer Todd Sebagai Produser





Suzanne Todd Sebagai Produser





Guy Pearce Sebagai Guy Pearce





Carrie-Anne Moss Sebagai Natalie





Joe Pantoliano Sebagai Teddy












Sinopsis

Film tersebut bercerita tentang seorang penyidik asuransi bernama Leonard Shelby (Guy Pearce). Akan tetapi, Leonard mengidap penyakit amnesia akut. Penyakitnya ini membuat dirinya lupa setiap beberapa menit sekali sehingga ia tidak bisa membuat ingatan baru. Alhasil, ia harus mencatat setiap kejadian yang ia alami agar tidak lupa. Sementara itu, Leonard harus menyelidiki kasus pembunuhan yang menimpa istrinya. Ia hanya memiliki satu petunjuk, yaitu sebuah inisial John G. Lalu bagaimana Leonard memecahkan kasus pembunuhan istrinya dengan keadaan dirinya yang juga menderita amnesia ?













Review

Film ini termasuk kedalam salah satu film yang memiliki alur maju dan mundur selama kita menontonnya karena cerita yang disuguhkan merupakan pola ingatan yang di alami atau yang terjadi pada tokoh utamannya yang bernama Leonard Shelby yang berasal dari San Fransisco. Leonard adalah seorang pria yang mengalami gangguan pada memorinya, masalah gangguan ini terjadi karena suatu kejadian pembunuhan pada istrinya dan mengakibatkan memorinya yang hanya bertahan dalam satu hari. Meskipun ia memiliki permasalahan ini tidak mengurungkan niatnya untuk mencari tahu siapakah sang pelaku pembunuh sang istri. Dalam pencariannya Leonard tinggal di kamar motel dan setiap kali bangun ia akan menjadi kebingungan di mana ia berada tetapi saat melihat tato dan foto-foto yang ia beri nama atau tanda ia menjadi tahu bahwa apa yang seharusnya ia lakukan dan siapa yang harus ia cari. Dalam usahanya ini ia mendapatkan bantuan dari seorang wanita yang bernama Natalie, Natalie adalah seseorang yang kehilangan orang terkasihnya dan ia menerima perlakuan kasar dari seorang laki-laki yang bernama Dodd.






Karena Leonard membantunya saat itu maka Natalie berhutang budi dan dengan ikhlas membantu dirinya. Natalie menemukan kartu identitas Teddy yang ternyata bernama asli John Edward Gammel atau yang biasa Leonard sebut John G bahkan Leonard mentato jenis fact 1 pria, fact 2 putih, fact 3 nama awal John, fact 4 nama terakhir G untuk Gammell, fact 5 narkoba dan fact 6 plat nomor mobil yang sama dengan kartu tersebut. Dalam proses ini Leonard terkadang akan berhalusinasi kepada kejadian sebelum istrinya meninggal dan bahkan sampai ia melihat sang istri di kamar mandi kamar motel yang ia tinggali tetapi Leonard langsung sadar itu adalah hal yang tidak mungkin terjadi. Leonard juga meminta bantuan kepada seseorang via telepon yang entah siapa orang itu tetapi Leonard tidak sungkan untuk menceritakan tentang asal usul dirinya, pekerjaannya, istrinya, salah satu customer asuransinya yang sangat membekas di pikiran Leonard sampai kecurigaannya kepada Teddy atau John G. Saat seseorang itu menyebutkan keanehan mobil di depan rumah Leonard pada saat istrinya terbunuh,






Leonard langsung mengingat Salinan laporan polisi tentang mobil yang berisi narkoba dalam jumlah yang cukup banyak tersebut dan akhirnya Leonard menyimpulkan bahwa sang pembunuh itu adalah bandar narkoba. Penyakit memori jangka pendek yang Leonard derita juga pernah ia lihat langsung sebelumnya, yaitu pada salah satu customer asuransinya yang bernama Sammy Jankis. Istri Sammy mencoba untuk mendaftarkan sang suami pada asuransi tetapi sayangnya asuransi kepada keluarga ini di tolak karena ternyata penyakit yang di derita oleh Sammy Jankis adalah penyakit mental bukan fisik dan hal ini juga di dukung oleh hasil psikiatri yang telah dilakukan oleh Sammy. Pada tes itu sang psikiatri selalu mencoba hal sama, yaitu meminta Sammy untuk mengambil 3 buah bentuk bangunan di depannya dan Sammy hanya asal mengambil dan ia tersetrum listrik dan reaksinya ia marah kepada sang psikiatri.






Di tes berikutnya hasil juga sama akhirnya Leonard menyadari bahwa Sammy tidak berpura-pura dan saat istrinya datang kembali ke kantor tempat kerja Leonard untuk bertanya hal ini ia memutuskan untuk menguji Sammy terakhir kalinya dengan meminta suntikan insulin dan saat 10 menit berlalu lagi sang istri meminta suntikan insulin lagi dan Sammy tetap menyuntikkannya dan untuk yang ketiga kalinya hal itu di lakukan istri Sammy meninngal dunia, karena hal ini Sammy tinggal di panti jompo dan tidak menyadari bahwa istrinya telah meninggal. Ternyata seseorang di balik telepon itu adalah seorang polisi yang tetap membantu Leonard mencari pembunuh istrinya dan Teddy yang selama ini di catat oleh Leonard jangan di percayai adalah salah satu polisi yang membantunya. Setelah mengetahui hal ini dan melakukan balas dendamnya yaitu dengan membunuh sang pelaku pun Leonard tetap tidak bisa mempercayai Teddy terutama saat di beritahukan bahwa kejadiaan yang terjadi pada kelurga Sammy sebenarnya adalah Leonard sendiri dan istrinya menderita diabetes sedangkan Sammy yang aslinya tidak memiliki istri. Leonard menyakini dengan ingatan yang masih ada bahwa sang istri tidak pernah menderita diabetes dan ia hanya ingin kehidupan yang dulu bahagia bersama istrinya kembali lagi.






“Aku harus percaya pada dunia di luar pikiranku. Aku harus percaya bahwa tindakanku masih mempunyai arti meski aku tidak bisa mengingatnya. Aku harus percaya bahwa ketika mataku tertutup dunia masih ada di sini. Apa aku percaya dunia masih ada di sini? Apa itu masih ada di luar sana? Yeah.. Kita semua butuh cermin agar kita ingat siapa diri kita sebenarnya. Aku tidak berbeda.”






Film ini termasuk kedalam alur cerita yang membingungkan karena maju dan mundurnya dengan adegan yang sama seperti sebelumnya sehingga akan membuat sedikit kebingungan dan pusing saat menontonnya di tambah lagi sang peran utama yang bernama Leonard ini mengalami luka-luka kecil sehingga kita sebagai penonton akan bertanya di scene mana hal itu terjadi. Tetapi di balik itu semua sebagai penonton kita akan merasa sangat bangga kepada tokoh Leonard ini karena kegigihannya untuk tetap mencari sang pembunuh meski di batasi oleh kekurangan yang ada pada memorinya (hanya berbekal clue, foto, tulisan dan tato). Dan yang membuat film ini cukup lumayan adalah tokoh-tokohnya tidak terlalu banyak dan jelas.














Rating


Note : Ini hanya rating yang kami berikan yah, Rating bisa naik atau turun yah. Selamat menonton yah ☺❤

Note :Gambar-gambar di ambil dari google yahh dan gambar adegan berdasarkan pada adegan film ☺❤


No comments:

'; (function() { var dsq = document.createElement('script'); dsq.type = 'text/javascript'; dsq.async = true; dsq.src = '//' + disqus_shortname + '.disqus.com/embed.js'; (document.getElementsByTagName('head')[0] || document.getElementsByTagName('body')[0]).appendChild(dsq); })();

°°°

°°°

°°°

°°°

SoraBook

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Vestibulum rhoncus vehicula tortor, vel cursus elit. Donec nec nisl felis. Pellentesque ultrices sem sit amet eros interdum, id elementum nisi ermentum.Vestibulum rhoncus vehicula tortor, vel cursus elit. Donec nec nisl felis. Pellentesque ultrices sem sit amet eros interdum, id elementum nisi fermentum.




°°°

°°°

°°°

°°°